Jumat, 06 Maret 2009

KENCING MANIS

GEJALA:

Buang air kecil lebih banyak dari biasanya. Air seni yang ajtuh di sembarang tempat mudah dikerumuni semut, karena banyak mengandung gula. Mudah capek bila bekerja keras atau berjalan jauh. Sering haus sekalipun belum lama minum. Badan sering gatal-gatal, bisul, dan kaki sering kesemutan. Mulutnya berbau seperti gas karbit.


OBAT TRADISIONALNYA:

  • Petiklah daun bunga ceplok piring (soldatenbloem) yang warna bunganya putih. Ambil 12 helai saja. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas (400ml). Rebus sampai mendidih, hingga airnya tinggal setengahnya (200ml). Minum sekaligus sampai habis selagi hangat. Usahakan minum 2 hari sekali satu gelas saja. Bila sudah 7 kali minum, periksa kadar gulanya. Bila sudah normal jangan minum lagi.

  • Daun sambiloto 1 genggam (5 lembar) direbus dengan tapak liman 1 genggam dan air 1 gelas (200ml) sampai mendidih. Disaring, diminum pagi dan sore setiap hari.


CATATAN:Penderita harus berpantang makan dan minum yang banyak mengandung zat gula, serta kurangi makanan berkarbohidrat tinggi. Sayur-sayuran sangat cocok dimakan. Penderita juga harus menjaga diri, jangan sampai terluka. Karena bila terluka lama sekali sembuhnya. Terutama bagian kaki harus dijaga kebersihannya. Sebaiknya membiasakan memotong kuku secara teratur dan jangan sampai luka di kaki. Karena bila kadar gula tinggi, luka di kaki tidak dapat disembuhkan, bahkan mungkin harus diamputasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar