Jumat, 06 Maret 2009

TYPHUS

GEJALA:

Typhus, disebabkan oleh basil typhus (baca: tipes), yang pada penderita terdapat pada kotoran, darah, dan air kencing. Penularan terjadi melalui alat pencernaan (mulut), yaitu dengan memakan makanan yang tercemar basil typhus. Masa inkubasi 1 – 3 minggu. Dalam masa itu orang-orang merasa lesu, sakit kepala, suhu badannya semakin hari semakin panas, dan susah buang air besar.


OBAT TRADISIONALNYA:

  • Bangun tidur sebelum perut terisi apa-apa, minum minyak tanah yang bersih dan jernih. 1 sendok makan (untuk orang dewasa), 1 sendok teh (untuk anak-anak). Kemudian jangan makan atau minum apapun selama 2 jam. Supaya tidak muntah, sehabis minum minyak tanah boleh mengulum permen yang disukai (tapi sebatas menghilangkan mual dan pahit di mulut, jangan ditelan / dihabiskan). Kerjakan setiap pagi hingga 5 pagi atau 7 pagi.

  • Siang atau sore hari beri minum air perasan daun sambiloto (20 helai daun sambiloto ditumbuk lalu diperas diambil airnya), untuk sekali minum. Kerjakan tiap hari hingga sembuh.

  • Rempela ayam kampung setelah dicuci bersih, dibakar di atas arang sampai matang (tapi jangan gosong). Lalu diparut, dimakan untuk lauk makan bubur. Insya Allah tidak sampai 7 hari sembuh.


CATATAN:

Basil-basil typhus dapat menyebabkan luka-luka kecil pada usus halus, yang mudah menimbulkan kebocoran pada dinding usus halus. Maka penderita hanya boleh makan yang serba lembek dan halus. Jangan makan cabe, sambal, lada, jahe dan makanan yang berserat kasar. Karena bila usus halus bocor, penderita bisa mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar