Jumat, 06 Maret 2009

RADANG GINJAL

GEJALA:

Kencingnya sedikit dan keruh, atau kemerah-merahan. Buah pinggang nyeri dan demam. Kaki dan pelupuk mata bengkak. Kepala pening, bila tidak bisa kencing sama sekali bisa muntah-muntah dan sesak napas. Bila dibiarkan terus, penderita bisa mati, karena darah sangat kotor. Usahakan penderita menjauhi makanan pedas-pedasan, terlalu asin dan jangan minum alkohol, bir, kopi.


OBAT TRADISIONALNYA:

  • Tapak liman kering (semua herba) satu genggam atau 4 batang lengkap, drebus dengan 3 gelas air hingga tinggal setengahnya. Minum sehari 3 – 4 kali, satu gelas sekali minum. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

  • Kalau makan, lalap sayur daun suruhan segar satu genggam.

  • Kalau tidak ada ramuan di atas, bisa juga jagung muda lengkap dengan rambut dan kelobotnya, semua direbus. Airnya diminum dan jagungnya dimakan. Dosisnya tidak ada batas, tapi jangan sampai kekenyangan makan jagung.


CATATAN:

Radang ginjal kadang-kadang disebabkan oleh penyakit-penyakit lainnya. Bisa juga disebabkan karena terlalu banyak makanan asin2, makan emping belinjo terlalu banyak, minum alkohol dan lain-lain jenis makanan dan minuman keras. Terlalu banyak makan cabe juga dapat menyebabkan radang ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar